Minggu, 23 November 2008

sanitasi air dan instalasi air

Sanitasi Air
Pekerjaan sanitasi air merupakan pekerjaan pecahan dari pekerjaan instalasi air, pekerjaan sanitasi air berkaitan dengan fixture-nya, bukan instalasinya. Adapun beberapa peralatan sanitasi air diantaranya adalah bak mandi, kloset, urinoir, wastafel, kran air, kichen zink, floor drain, roof drain, asesoris toilet, dan septic tank.
A. Bak Mandi
Bak mandi yang biasa digunakan ada beberapa macam, yaitu bak mandi dari pasangan bata atu beton, bak mandi keramik, bak mandi teraso, bak mandi fibreglass serta kombinasi antara bahan dasar tersebut.
B. Kloset
Kloset yang umumnya di gunakan untuk rumah tinggal adalah kloset jongkok dan kloset duduk. Hingga saat ini sudah banyak inovasiproduk klosetyang mengakibatkan pemilihan jenis kloset harus ditentukan sejak awal pekerjaaan pembangunanrumah karena berkaitanfixture, dudukkan tempatlubang pipa, dan sebagainya. Volume kebutuhan kloset yang menghitung RAB menggunkan satuan unit karena dalam pkerjaan ini termasuk asesoris kloset
C. Urinoir
Urinoir atau urinal biasanya digunakan untuk membuang air kecil bagi pria dan di pasang di tempat tempat umum seperti WC umum. Urinal beraneka ragam sehingga pemilihannya harus ditentukan sejak awal pembangunan karena akan menentukan lokasi lubang pipa, dudukan ketinggian, letak push kran, dan sebagainya. Volume urinoir untuk menghitung RAB menggunakan satuan unit karena dalam pekerjaan ini termasuk asesoris uninoir.
D. Wasterfel
Saat ini wasterfel sudah digunakan sebagai pelengkap untuk sanitasi air dalam rumah tinggal. Di pasaran terdapat dua jenis wasterfel, yaitu wasterfel kaki dan wasterfel gantung. Inovasi produk wastrvel saat inisudah sangat banyak sehingga pemilihan jenis wasterfel haru sudah ditentukan sejak awal karena berkaitan dengan fixture, tempat lubang pipa pembuangan , tempa kran, dan sebagainya. Volume wasterfel untuk menghitung RAB menggunakan satuan unit karena dalam pekerjaan termasuk asesoris wasterfel.
E. Kran Air
Kran air berfungsi sebagai ujung dari sumber air dalam suatu instalasi. Secara umum kran air dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu stop kran dan kran air. Di antaranya adalah kran cabang dank ran angsa. Ukurannya pun bergam yaitu diameternya 0,5 inci; 1 inci; 1,5 inci; dan seterusnya. Volume kran air untuk perhitungan RAB menggunakan satuan buah(bh).
F. Kichen Zink
Kichen Zink berfungsi sebagai tempat cuci alat alat dapur dan alat alat makan.itulah sebabanya kichen zink di pasang di daerah dapur basah. Oleh karena di pasang didaerah dapu yang basah, kichen zink ini sebaiknya terbuat dari bahan yang tahan air seperti keramik,fibreglass, dan metal stainlesstell. Volume kichen zink untuk perhitungan RAB menggunakan satuan buah(bh).
G. Floor Drain
Floor drain adalah saringan yang ditempatkan pada ujung saluran pembuangan air kamar mandi atau toilet. Bentuk floor drain di pasaran saat ini ada dua macam yaitu berupa lembaran dan berupa mangkokan. Floor drain berbentuk mangkokan biasanya di atasnya terdapt saringan yang cukup kuat dan dapat dibersihkan dengan mudah. Sementara floor drain berbentuk lembaran biasanya menggunkan engsel yang cepet rusak . dengan adanya engsel maka lembaran saringannya tidapk dapat dilepas. Namun, ada juga floor drain yang berbentuk .
H. Roof drain
Roof drain adalah saringan di tempat pembuangan air di dak atap atau talang air. Bentuk roof drain di pasaran saat ini ada dua macam, yaitu berupa lembaran dan berupa mangkokan. Seperi halnya floor drain, roof drain berbentuk mangkokan pun diatasnya terdapat saringan yang cukup kuat. Bahkan saringan tersebut dapat dibersikan dengan mudah. Berbeda dengan bentuk lembaran yang menggunakan engsel, kondisinya cepat rusak. Bahan roof drain ada tiga macam, yaitu plastic atau PVC, besi tulang dan stainless stell. Volume roof drain untuk pergitungan RAB menggunakan satuan buah (bh).

I. Asesoris toilet
Banyak kelengkapan atau asesoris toilet yang dikerjakan dari awal bersamaan dengan pekerjaan finishing kamar mandi atau toilet. Namun ada juga kelengkapan toilet yang di pasang setelah selesainya pekerjaan finishing. Misalnya tempat sabun berbahan keramik akan dipasang dengan membobok tembok dan ada juga yang ditempel. Jenis asesoris ini antara lain gantungan handuk, gantungan baju, tempat sabun, tempat tisu dan sebagainya. Volume asesoris dalam perhitungan RAB menggunakan stuan buah.
J. Septic tank
Septic tank adalah tempat pembuangan akhir untuk air besar ataun air kecil dari kloset. Pemilihan tempat dan model septic tank yang akan digunkan sangant berpengaruh pada kesehatan suatu rumah. Ini disebabkann jarak rembesan septic tank dan sumur minimal 8 meter. Bahkan tempat ataulokasi lubang septic tank pun mempengaruhi penyedotan tinja bila kelak sudah penuh. Saat ini septic tank dapat dibuat dari beton bertulang dan pasangan bata atau batako. Namun, bila ingin yang lebih praktis untuk rumah sederhana , di pasaran dapat dijumpai septic tank berbentuk silinder atau lebih sering disebut buis dengan diameter 1m.
Pekerjaan septic tank yang tidak kalah penting adalah pekerjaan rembesan untuk membuang air yang menyertai pembuangan air besar. Agar PVC dapat merembeskan air ke tanah, di sekitar tanah di buat tidak kedap. Biasanya dengan di beri ijuk di sekitar pipa dan batu koral di bagian luar ijuk. Adapun volume septic tank untuk perhitungan RAB menggnakan satuan unit. Ini di sebabkan pada pekerjaan septic tank sudah termasuk dengan pekerjaan rembesan.








Instalasi Air
Pekerjaan instalasi air, baik instalasi air bersih maupun instalator air kotor, memerlukan perhatian yang berlebihan mulai dari jenis bahan yang akan digunakan. Cara penyambungan, hingga kemiringannya. Pemasangan instalasi air dilakukan sebelum pemasangan lantai dilakukan. Untuk pekerjaan mekanikal atau yang sering disebut pumbing. Perlu ditunjang oleh peralatan yang berfngsi mendapatkan , memasukkan, dan mengeluarkan air tanpa ada hambatan sehingga dapat memenuhi kebutuhan penghuni bangunan tersebut dalam masalah air. Jenis peralatan air antara lain sebagai berikut:
1) Peralatan alat untuk mendapatkan air bersih seperti pompa air, baik yang bersumber darisumur atau mata air.
2) Peralatan untuk mendapatkan air panas seperti water hiter atau kompor.
3) Peralatan untuk instalasi air seperti pipa, baik pipa PVC maupun pipa besi tuang (galvanis) untuk air dingin dan pipa tembaga untuk air panas.
Memilih bahan utuk keperluan plumbing harus memperhatikan persyaratan dasar dari bahan tersebut,yaitu:
1) Tidak membahayakan kesehatan,
2) Tidak menimbulkan kebisingan,
3) Tidak mengakibatkan adanya radiasi,
4) Tidak membuat kerusakan terhadap bangunan dan peralatan, serta
5) Pemasangan instalasi harus benar dan kuat.
System pengerjaan plumbing ada dua macam yaitu sistemhorizontal dari system vertical.sistem horizontal adalah suatau system pemipaan yang digunakan untuk mengalirkan air pada rumah rumah tinggal yang tidak bertingkat. Sementara system vertical adalah system distribusi air bersih dengan system ke atas dan ke bawah atau miring yang digunakan untuk rumah bertingkat atau rumah perbukitan.

A. Instalasi Air Bersih
Satuan dalam menghitung volume pipa airbersih umumnya dengan meter panjang (m). Cara perhitungan volume pipa adalah menjumlahkan perlengkapan pipa seperti keni, tee, stop kran, check valve, double neple, water muur, dan sambungan pipa lainnya yang berdiameter sama. Satuannya adalah buah
B. Instalasi Air Kotor
Pemasangan instalasi air kotor sebaiknya dilakukan saat pengerjaan pondasi . hal ini perlu dilakukan karena jalur instalasi air kotor biasanya melewati atau memopong pondasi sehingga tidak perlu lagi membobok setelah pondasi selesai. Yang perlu diperhatikan dalam pemasangan instalasi ini adalah kemiringan pipa. Pemasangan pipa yang mirig ini dapat mengalirkan air dengan lancar. Selain itu, perlu dibuatkan bak control untuk mengntisipasi adanya kotoran yang menyumbat dalam pipa.
Satuan perhitungan volume pipa air kotor menggunakan meter panjang (m). Biasanya pipa yang digunakan adalah pipa diameter 3 inci dan 4 inci. Untuk mnhitung volume pipa, dgunakan cara penjumlahan panjang pipa ysng berdiameter sama. Demikian juga dengan cara menghitung asesoris pipa, yaitu dengan menjumlahkan perlengkapan pipa seperti keni, tee, TY, dan sambungan sambungan pipa lain yang beerdimeter sama. Satuan yang digunakan adalah buah.
C. Pompa Air
Termasuk dalam perhitungan pekerjaan instalasi air ini biasanya adalah pekerjaan penunjang dari masalah sumber air, misalnya pompa air, pembuatan sumur, penyambungan PDAM, atau pembuatan dan pemasangan reservoir air. Reservoar bawah biasanya dibuat dari beton bertulang dan reservoir atas tersebut dari bahan fibreglass. Volumenya ada yang 0,5 m3; 1m3 ; hingga 5m3.
Khusus untuk pembelian jenis pompa air, satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah masalahnya daya pompa tersebut. Di dalam brosur dari setiap merek yang berbeda. Perlu dilihat dan diperhatikan daya isapdan daya dorong atau daya tekan pompa tersebut.daya isap adalah kekuatan pipa untuk menghisap air dari jarak ujung pipa disumber air dengan tempat diletakkannya pompa tersebut. Sementara daya dorong menggambarkan jarak letak pompa hingga letak reservoir air atau letak kran paling jauh.kesalahan memilih jenis pompa akan berpengaruh pada besar kecilnya aliran atau bahkan tidak ada air yang keluar. Sementara pemilihan pompa yang terlalu besar akan menimbulkan pemborosan pembayaran listrik. Satuan perhitungan untuk pekerjaan pompa air dan reservoir adalah unit.
Di daerah yang air tanahnya asin, sumber airnya biasanya diperoleh dari air hujan. Caranya adalah dengan menampung air hujan melalui talang air untuk disimpan di drum. Air yang sudah ditampung kemudian diolah dengan ijuk dan pasir, biasanya ditambah arang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar