Wednesday, February 24, 2010

indikator kebahagiaan

mar Sahid February 24 at 7:19am Reply
Bismillaahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warohmatullohiwabarakatuh......

Saudaraku yg dirahmati Alloh,

Ibnu Qoyyim Rahimakumulloh berkata " Diantara tanda kebahagiaan dan keberuntungan adalah: Setiap kali ilmu seseorang bertambah, maka bertambah pula ketawadhu'an dan belas kasihnya, dan setiap kali ilmunya bertambah maka akan bertambah pula perasaan takut dan kehati-hatiannya.

Setiap kali umurnya bertambah, akan berkuranglah kerakusannya. Setiap kali hartanya bertambah akan bertambah pula kedermawanan dan kebaikannya. Setiap kali kedudukan dan pangkatnya bertambah, akan bertambah pula kedekatannya dengan orang lain dan bantuan yang ia berikan untuk meringankan keperluan mereka serta ketawadhuannya atas mereka.

Adapun tanda kesengsaraan seseorang adalah, " Setiap kali bertambah ilmunya, akan bertambah pula kesombongan dan kecongkakannya. Setiap kali bertambah ilmunya, ia akan semakin bangga terhadap dirinya dan semakin meremehkan orang lain, serta semakin berbaik sangka kepada dirinya sendiri.

Setiap kali umurnya bertambah maka akan semakin bertambah pula kerakusannya terhadap dunia, setiap kali hartanya bertambah, akan bertambah pula sifat kikir dan bakhilnya. setiap kali bertambah tinggi kedudukannya , ia akan semakin congkak dan sombong. semua ini ujian dari Alloh yang dengannya Alloh menguji hamba-2Nya, maka akan ada kaum yg berbahagia dengannya dan adapula yang sengsara karenanya.

Semoga menjadi bahan renungan untuk kita bersama saudaraku....

MAafkan saya atas segala salah....


umar sahid

Wassalamu'alaikumwarohmatullohiwabarakatuh...

No comments:

Post a Comment