Monday, January 18, 2010

Biografi ulama salaf

Al Imam Ali Al Uraidhi

Imam Ali bin Ja'far al-Shodiq bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Fathimah Azzahro binti Rasulullah SAW istri Sayyidina Ali bin Abi Thalib mempunyai gelar Abu Hasan, Beliau dilahirkan pada tahun 135 Hijriah di Kota suci Madinah, beliau adalah mataharinya ahlul-bait dan bulannya keturunan Rasulullah saw. Imam Ali al-Uraidhi adalah anak bungsu dari anak-anak Imam Ja'far al-Shodiq, ia masih kecil ketika ayahnya wafat. Semasa hidupnya ia menuntut ilmu kepada ayahnya dan saudaranya Imam Musa al-Kadzim dan Hasan bin Zaid bin Ali Zainal Abidin, hingga kepandaian beliau melebihi saudara-saudaranya sendiri. Sedangkan murid beliau adalah anaknya sendiri Muhammad dan Ahmad serta cucu beliau Abdullah bin Hasan bin Ali al-Uraidhi dan cucu saudaranya Ismail bin Muhammad bin Ishaq bin Ja'far al-Shodiq serta ahli qiroat Imam al-Bazi.

Imam Ali al-Uraidhi adalah seorang pemimpin kaum syarif dan syaikhnya Bani Hasyim di kota Uraidh, dikenal sebagai orang mulia yang luas ilmu pengetahuannya, mahir di bidang ilmu riwayat dan dirayat, selain itu beliau dikenal amat teguh memegang ajaran agamanya. Beliau dinamai Al Uraidhi sebagai nisbah kepada satu tempat yang bernama Al Uraidh yaitu nama wilayah yang terletak pada jarak 4 mil dari Kota Madinah Al Munawaroh. Beliau pernah mangeadakan pergerakan di Kota Mekkah berama saudaranya yang bernama Muhammad bin Ja’far As Shadiq pada masa pemerintahan Al Ma’mun, ia mengajak orang untuk membai’atnya, lalu penduduk Hijaz membai’atnya sebagai Khalifah, ia adalah keturunan Fathimah Az Zahra dan Ali bin Abi Thalib pertama yang dibai’at oleh mereka, hal itu terjadi pada tahun 200 Hijriah.

Az Zarabi pernah menyebutkan otto biografi beliay di dalam kitab Tarikhul Islam, otto biografi beliau juga disebutkan di dalam kitab Al Mizan dan Al Ka Syifu’an As Mair Rijali. Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqolani pernah juga mengebutkan oto biografi beliau dalam kitan At Taqrib, semuanya menyebutkan keagungan sifat-sifat beliau. Imam Ahmad Ibnu Hanbalpun pernah menyebutkan di dalam kita Sunnahnya sebuah hadits yang menyebutkan tentang mencintai keluarga nabi Muhammad SAW dengan Isnad yang bersumber dari beliau.

Di antara para ulama yang menyebutkan tentang riwayat hidup beliau ialah Al Qadi Iyadh di dalam kitab As Syifa dalam kitab Tarikhnya serta Ibnu Ambah di dalam kitab Umdatud Tholib, dan ulama lainnya diantaranya ialah Al Amri, Sayid Ali As Samhudi di dalam kitab Jawahirul, Ugdain.

Diantara orang-orang yang pernah meriwayatkan hadits dari beliau ialah Abdullah bin Hasan binAli, Imam Ismail bin Muhammad Ja’far, Imam Ahmad Al Bazzi penulis buku Qirat, Salamah Ibnu Syabib, Nashir Ibnu Ali Al Jahdami dan ulama-ulama hadits lainnya.

Anak-anak Imam Ali dikenal dengan al-Uraidhiyun yang banyak mendiami daerah Uraidh, Kuffah dan Qum. Anak-anak beliau:
*Ja'far, mendapat keturunan dari anaknya Ali.
*Hasan, mendapat keturunan dari anaknya Abdullah yang terdapat di Madinah, Mesir, Iraq dan negeri lainnya.
*Ahmad Asy-Sya'roni, mendapat keturunan dari anaknya Muhammad yang terdapat di Iraq yang dikenal dengan Bani Jiddah, Basiron dan Thobariyah.
*Muhammad An-Naqib

Beliau banyak meninggalkan catatan-catatan mengenai hukum-hukum agama yang didapat dari ayah dan saudaranya diantaranya yang termasyhur adalah kitab Masail Ali bin Ja’far, semoga ALLAH memberkahinya selalu, Amiiiiiin..

No comments:

Post a Comment